JULUKAN KLUB DI INDONESIA

Julukan Klub di Indonesia
Setiap klub yang berlaga baik di sepakbola internasional maupun di sepakbola dalam negeri biasanya mempunyai julukan masing-masing. Julukan ini biasanya diberikan sebagai sebuah identitas diri dari klub tersebut. Bagaimana dengan julukan klub-klub yang bermain di sepakbola Indonesia. Berikut ini beberapa julukan nama-nama klub yang pentas di persepakbolaan Indonesia
beserta asal-usul hingga muncul julukan tersebut.

1.        PERSIJA JAKARTA – MACAN KEMAYORAN
Mungkin tak banyak yang mengenal julukan klub kebanggaan ibukota ini. Macan Kemayoran adalah nama yang disandang jagoan silat betawi dari Kemayoran bernama Murtado. Di zaman kolonial Belanda Murtado dengan berani melawan dan menjatuhkan antek-antek kompeni yang selalu menindas kampungnya. Semenjak itulah orang-orang menjulukinya macan kemayoran. Sebutan macan identik dengan sebutan juara di kalangan masyarakat betawi karena itulah harapannya Persija Jakarta selalu bisa tampil layaknya seorang juara di atas lapangan.

2.        PERSIB BANDUNG – MAUNG BANDUNG
Siapa sangka, dari lirik lagu sederhana karya kang ibing di era 80-an, maung bandung jadi sebutan favorit bobotoh. Dengan bakatnya, seniman kondang yang tidak ingin melihat Persib tampil lemah setiap berlaga ini lalu menyebut maung bandung dalam nyanyiannya agar tim pujaannya selalu bermain garang. Populernya lagu Jung Maju Maung Bandung di kalangan bobotoh membuat Persib memiliki julukan maung bandung yang terkenal hingga kini. Meskipun maung bandung sendiri juga identik dengan sosok prabu siliwangi. Raja tanah pasundan yang dikisahkan menghilang dan menjelma menjadi seekor maung.

3.        PERSEBAYA – BAJUL IJO
Tak hanya dari lagu, sayembara yang dilakukan sebuah koran lokal Surabaya ternyata mengawali julukan bajul ijo. Dari banyak nama bermunculan yang diberikan para bonek untuk tim kesayangannya seperti Green Force, Mister Green dan lain-lain. Bajul Ijo jadi yang paling populer. Buaya yang dalam bahasa jawa disebut bajul menjadi salah satu satwa yang bersama Hiu Sura dipercaya sebagai asal usul berdirinya kota Surabaya. Warna hijau pada buaya pun serupa dengan jersey kebesaran Persebaya. Tak sekedar simbol kota semata, bajol ijo juga seperti mewakili karakter permainan tim kebanggaan arek suroboyo yang dikenal ngotot dan pantang menyerah itu.

4.        AREMA MALANG – SINGO EDAN
Singa dan arema seperti dua hal yang tak bisa dipisahkan. Berzodiak Leo Arema lahir di Kota Malang yang di zaman kolonial berlambang singa. Singa bagaikan jati diri bagi tim eks Galatama ini yang gaya main khasnya lugas dan bekerja keras. Dan mengenai Singo edan di masa pendudukan Belanda ada panglima perang kerajaan Demak berjuluk singo edan yang melarikan diri ke Malang untuk bertempur habis-habisan melawan VOC. Walaupun bukan merupakan satwa asli dari Indonesia, singa telah merasuki nafas kehidupan masyarakat malang yang umumnya merupakan aremania sehingga banyak bertebaran maskot singo edan yang dibuat warga.

5.        PERSIBA BALIKPAPAN - BERUANG MADU
Balikpapan terkenal sebagai kota minyak namun demikian kota ini justru rumah bagi kawanan beruang madu. Tak heran jika satwa pedalaman hutan kalimantan yang sudah jarang jumlahnya ini menjadi simbol utama kota. Tak banyak daerah di Indonesia yang menjadi habitat bagi jenis beruang kecil ini. Karena itu Balikpapan berupaya terus menjaganya dengan mendirikan penangkaran beruang di Hutan Lindung Sungai Wain. Sebagai maskot kota, beruang madu juga menjadi julukan Persiba Balikpapan. Meski sifatnya pemalu saat bertarung beruang bisa begitu garang menghabisi musuhnya. Seperti itulah karakter permainan Persiba yang beringas ketika bertarung di lapangan hijau dan ditakuti para lawan.

6.        PSM MAKASSAR – JUKU EJA
inilah klub tertua yang memiliki sejarah dan prestasi panjang di tanah air. PSM Makassar memiliki berbagai kisah menarik di balik julukannya. Juku eja yang berarti ikan merah diambil dari jubah merah darah kebesaran mereka. Mitosnya dimasa lalu, PSM selalu menang setiap kali turun hujan seperti ikan merah yang hebat di air. Adapula cerita yang menyebutkan ikan sebagai makanan utama orang Makassar yang melambangkan kekuatan. Jika berpadu dengan warna merah yang berani akan menghasilkan tim dengan kekuatan yang tiada tandingan. Meski juga biasa disebut ayam jantan dari timur, julukan pahlawan legendaris sultan hasanuddin. Sejatinya klub yang berdiri tahun 1915 ini ingin terus melaju dibarisan depan persepakbolaan negeri ini.

7.        PERSIRAM RAJA AMPAT – LASKAR BAHARI

Klub muda yang baru berdiri tahun 2004 ini berasal dari salah satu surga terindah di Nusantara Raja Ampat. Keindahan biota laut dan terumbu karangpun membuatnya jadi destinasi idaman para penyelam di dunia. Pemandangan di dasar laut yang mengagumkan membuat raja ampat sebagi habitat utama dewa laut ikan pari. Sesuai simbol di logo klub Persiram juga ingin dikenal sebagi laskar bahari, tim yang mewakili daerah kepulauan bahari. Identitas dewa laut sebagai dewa primata di perairan raja ampat ingin coba ditularkan pada identitas tim yang lambat laun ingin bersanding di jajaran elti klub-klub Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar