PIALA GUBERNUR KALTIM 2016, KICK OFF

Piala Gubernur Kaltim 2016
Mulai hari Sabtu tanggal 27 Februari 2016 sepakbola indonesia akan kembali diramaikan oleh turnamen yang bertajuk Piala Gubernur Kalimantan Timur 2016. 4 stadion kebanggan di Kota Balikpapan, Samarinda dan Tenggarong bakal menjadi saksi aksi 12 klub kontestan beradu strategi merebut piala orang nomor 1 di Kalimantan Timur. Turnamen ini akan berlangsung hingga 13 Maret 2016 yang diisi oleh 10 klub Liga Super Indonesia ditambah 2 klub amatir PS TNI dan PON Kaltim yang dibagi dalam 3 grup.

Lantas apa yang membuat perhelatan ini berbeda, ialah bergelimang hadiah uang tunai termasuk di dalamnya match fee tiap laga yang tergolong fantastis hingga mencuri perhatian publik penggemar sepakbola tanah air. Setiap klub akan menerima bayaran per pertandingan sesuai dengan hasil yang dipetik. Penyisihan hingga babak perempat final. Sedangkan uang hadiah untuk para juara memiliki rincian sebagai berikut :
HADIAH PIALA GUBERNUR KALTIM
TAHUN 2016

NO
URAIAN
HADIAH
1
Juara 1
Rp 1,5 Miliar
2
Juara 2
Rp 1 Miliar
3
Juara 3
Rp 500 Juta
4
Juara 4
Rp300 Juta
5
Pemain Terbaik
Rp 1,5 Miliar
6
Top skor
Rp 1 Miliar
7
Pemain Muda Terbaik
Rp 500 Juta


Selain  itu untuk kenyamanan setiap klub saja penyelenggara menyedikaan fasilitas akomodasi, transportasi lokal, bantuan transportasi sebesar 100 juta rupiah kepada setiap klub. Menariknya babak penyisihan grup Piala Gubernur Kaltim bakal menghadirkan 5 kontestan dari Jawa Timur yaitu Arema Cronus, Persela Lamongan dan Gresik United dipaksa berhadap-hadapan di Grup A. Sisanya di Grup B ada Madura United sedangkan di Grup C Surabaya United. Untuk klub tuan rumah masing-masing Pusam Borneo FC, Mitra Kukar dan Persiba Balikpapan ditambah tim PON Kaltim akan sikut-sikutan di 3 grup terpisah dengan perwakilan tim pulau Sumatera yaitu Semen Padang, Sriwijaya FC dan PS TNI yang notabenenya adalah PSMS Medan.

Dari Surabaya, pelatih Suarabaya United berlatih untuk memantapkan kekompakan tim baik menyerang maupun bertahan plus mengasah taktik dan strategi sebelum berangkat ke Kalimantan. Surabaya United sendiri berada di Grup C bersama Semen Padang yang merupakan runner up Piala Jenderal Sudirman, Tim PON Kaltim yang dihuni pemain muda dan agresif dan Persiba Balikpapan yang didukung penuh suporternya. Namun manajemen Surabaya United melalui pelatihnya Ibnu Grahan optimis memenuhi terget lolos ke  fase semifinal.

Berseberangan dengan klub tetangga Gresik United yang menyatakan nekat meski persiapan kurang matang. Penyebabnya manajemen tim asal Kota Pudak ini baru membentuk tim dengan dengan menggelar seleksi pemain. Meski demikian sifatnya mendadak manajemen menargetkan untuk membuktikan kualitas hingga lolos ke penyisihan grup apalagi Persegres berangakt dengan pelatih baru Nusyadera menggantikan pelatih sebelumnya Widodo C. Putro. Tentu bukan tugas ringan menyiapkan tim dalam tempo 3 hari.

Sedangkan Arema Cronus yang baru saja menaiki podium Juara Bali Island Cup 2016 langsung terbang ke Kalimtan usai merayakan juara di Bali. Arema Cronus sendiri tidak mau lama-lama terlena dengan euforia juara yang baru saja dicapai sebab bagi pelatih dan pemain masih ada pertandingan turnamen lagi yang dinilai cukup penting.

Dengan demikian pertandingan ini nantinya bakal melahirkan panasnya persaingan super derby. Piala Gubernur Kaltim 2016 sendiri akan berlangsung di 4 Stadion sebagai venue laga yaitu stadion utama Kaltim Palaran di Samarinda yang digunakan sebagai pembukaan dan penutupan kemudian stadion Segiri Samarinda, Stadion Aji Imbut Tenggarong dan Stadion Persiba Balikpapan.

1 komentar: