YANTO BASNA - PEMAIN TERBAIK PIALA JENDERAL SUDIRMAN

Yanto Basna
Turnamen Piala Jenderal Sudirman telah menasbihkan Mitra Kukar sebagai Juara. Suguhan pertandingan berkualitas terpatri secara seksama di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta. Selain euforia klub pemegang tahta, kebahagiaan ganda pun melekat dalam diri pesepakbola terbaik. Dan anugerah tersebut didapatkan oleh satu ikon dari klub yang berjuluk NAga Mekes Yaitu Rudolof Yanto Basna.

Pesepakbola belia ini sukses menyisihkan 4 kandidat lainnya antara lain, Christian Gonzales, Rizky Pellu, Sahar Ginanjar dan Nur Iskandar. Pemuda kelahiran 12 Juni 1995 ini akhirnya terpilih menjadi pemain terbaik hasil pemungutan suara dari 15 pelatih klub peserta turnamen. Yanto pun diganjar hadiah uang tunai sebesar 100 juta rupiah dari pihak penyelenggara. Dirinya mengatakan bahwa terpilih menjadi pemain terbaik hanya merupakan sebuah bonus dari Tuhan karena yang terpenting baginya tim Mitra Kukar bisa menjadi juara di Turnamen Piala Jenderal Sudirman ini. Terima kasih tidak lupa dia ucapkan kepada pemain, pelatih, supporter serta keluarga yang selalu mendukungnya dalam setiap pertandingan.

Yanto, begitu dirinya dipanggil oleh rekan-rekannya. Namanya mungkin baru melejit saat Jafri Sastra memberikan kesempatan kepadanya untuk pamerkan kualitas terbaiknya. Berpostur tinggi besar, tampil tanpa ragu, disiplin dalam mengawal pertahanan dan sanggup membaca permainan adalah nilai lebih dari pemuda yang baru berusia 20 tahun ini. Hal ini menjadi modal yang cukup bagi dirinya untuk menjadi pemain terbaik di turnamen ini. Dalam pandangan Yanto, siapapun bisa menjadi yang terbaik yang penting selalu kerja keras dan focus. Dirinya berharap hal ini bisa menjadi motivasi bagi pemain muda yang lain agar bisa seperti dirinya karena siapapun pasti bisa. Selain itu dirinya juga berharap agar kompetisi di sepakbola Indonesia bisa segera bergulir sehingga para pemain terutama pemain muda untuk bisa mengasah kemampuan agar lebih baik lagi.


Yanto Basna merupakan Potret bakat alami pesepakbola asal papua. Rekam jejaknya sebagai talenta muda terbilang hebat. Sempat membela Tim Nasional U-19 dibawah komando Indra Syafri, Mahasiswa Ilmu Keolahragaan didaulat menjadi Kapten Garuda U-21 serta turut ambil bagian dalam skuad tim Nasional U-23. Memijakan kaki bersama Mitra Kukar pada 2015 untuk kontrak berdurasi 2 Tahun kini karir Yanto tengah menanjak. Alhasil sejumlah klub dalam negeri telah ungkapkan ketertarikannya kepada lulusan SAD Uruguay ini. Keberhasilannya dalam meraih titel sebagai pemain terbaik mendapat apresiasi tinggi dari seluruh punggawa klub asal tenggarong. Menurut Rizky Pellu Kapten Mitra Kukar, Yanto Basna sangat layak terpilih menjadi pemain terbaik karena dari babak penyisihan hingga partai puncak di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta dirinya selalu tampil prima dan konsisten. Semoga kedepannya Yanto bisa tampil lebih baik dan baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar