ANDRI SYAHPUTRA PROFIL

Andri Syahputra
Ditengah sepinya sepakbola Dalam Negeri, banyak pemain-pemain indonesia yang cukup cemerlang di Luar Negeri. Selain Andik Vermasyah yang bermain di Selangor Malaysia ada juga Martunis yang beberapa waktu lalu mengikat kontrak dengan klub asal Portugal Sporting Lisbon. Di Liga Qatar juga ada pemain Indonesia yang sedang dipantau oleh klub Spanyol Villareal. berikut ini profil singkat dari pesepakbola muda berbakat Indonesia Andri Syahputra.

Berprestasi tanpa banyak basa basi, hal ini mungkin ingin ditunjukan oleh Andri Syahputra. Mengikuti jejak seniornya Farri Agri yang bermain di Qatar Star League, pemain kelahiran Lhokseumawe Aceh ini berkesempatan membela tim U-17 klub papan atas Liga Qatar Al Gharafa SC. Ikut orang tuanya ke Qatar sejak usia 5 Tahun, bakat sepakbola Andri terasa di Negeri dengan pendapatan perkapita terbesar di dunia ini.

Sebelum bergabung dengan Al Gharafa di usia 7 tahun, Andri sempat bermain bagi Indonesia Community Club (Al-Khor SC). Bermain bagi tim muda Al Gharafa, Andri bukanlah pemain biasa. Predikat top skor liga Qatar U-17 disandangnya 3 tahun berturut-turut. Prestasi ini membuat dirinya terpilih menjadi bagian dari Aspire Academy. Sebuah Academy yang mengumpulkan atlet-atlet terbaik di Qatar. Tak jarang pemian yang mengidolai Andres Iniesta ini berksempatan mengikuti tes masuk klub-klub sepakbola yang berkompetisi di Liga eropa seperti Jerman, Spanyol dan Italia.


Atas torehan prestasinya, Klub spanyol Villareal pun mulai memantau perkembangannya. Kesempatan bermain di Piala Dunia 2022 juga terbuka bagi Andri. Pasalnya pemain berusia 16 tahun ini berstatus sebagai Homegrown Player di Qatar. Walau berasal dari Indonesia, Andri Syahputra tak menutup kemungkinan membela Negara yang sudah ditinggalinya sejak kecil. Semoga sukses selalu untuk pemuda berbakat asal Indonesia.

2 komentar: